Kamis, 17 Oktober 2013

RAHASIA OP WARNET YANG HANDAL

           
             Kalo kita bicara soal Warnet, tentu kita nga asing lagi dengan istilah PELAYAN OP (operator warnet) nah pelayanan ini yang sangat utama dalam hal apapun.. Nah, sebagai operator warnet kita harus melayani dengan sebaik mungkin karena itu sudah kewajiban kita sebagai operator warnet (OP) untuk meberi pelayanan kepada User yang ngenet di warnet kita dengan baek. Yang perlu di perhatikan adalah gimana cara kita menghendel User untuk menjadi User tetap. Ada beberapa langkah yang harus kita Pahami dan kita pelejari, diantaranya:
 1. SAPA'AN
       
Nah dalam hal Sapaan yang kita lakukan pertama dengan senyum kepada User yang datang ke Warnet kita, langkah selanjutnya panggil dengan sebutan Mas,Brow,Dap,Prend,Dek,Mba dll. selamat dadang ada yang bisa dibantu ,, Dan jangan lupa kita selalu tersenyum kepada User tersebut. dan jangan sekali kali cuek ataupun cemberut kepada pelanggan yang datang.

2. KENYAMANAN.
         Kenyamanan ini sangat penting dan apalagi disaat kemarau, tentu kita nga jauh dari panas dan panas itulah yang membuat kita menjadi Gerah.. Nah gimana cara menghilangkan gerah tersebut agar user menjadi nyaman. Pertama AC stanby dulu, selanjutnya diasaat panas datang dan mulai agak gerah. Segera kita menyalakan AC tersebut, karena itu bisa membuat ruangan Warnet menjadi Dingin dan nyaman untuk ber internet, dan User mau masuk ke warnet kita, ruangan kita sudah dingin dan tidak gerah lagi, dan dari situlah User merasakan kenyamanan yang lebih, dan User yang tadinya Gerah menjadi segar. Nah saat user sudah tidak gerah lagi, User itu kan betah berada di warnet kita.

3.KEBERSIHAN.
       Kebersihan ini pula juga sangat dominan untuk Warnet kita, karena itu yang membuat Warnet kita menjadi nyaman,bersih,dan sehat. 
  • pada bilik komputer selalu dibersihkan dari debu yang menempel, soalnya banyak orang yang benci dengan kotor jika komputer dan meja warnet kotor maka orang yang akan ngenet menjadi jijik.
  • setiap user yang keluar wajib di cek apakah meninggalkan sampah atau tidak, terkadang user masuk membawa snack atau beli di warnet kita tetapi pas keluar bungkusny tidak dibuang.
  • kebersihan kaca pada pintu, biasanya user masuk megang pintu menjadi kotor, itu pemandangan yang gak enak di lihat sebaiknya kalau operator melihat kotor segera di lap.
  • kebersihan lantai. user juga melihat dan menilai jika lantainya kotor menjadi malas maka operator warnet wajib membersihkan, terutama kalau pas musim hujan seorang OP harus bekerja extra.
  •  TOILET, langkah yang harus kita ambil gimana caranya supaya TOILET tersebut tidak bau dan bersih dari kotoran.. Pertama kita membuat Poster pesan yang menyampaikan supaya habis kencing di siram dengan bersih.. Dan kita jangan lupa setiap 30 menit untuk mengecek TOILET tersebut. Begitu kita cek, dan TOILET itu bau segera kita siram dan memberi Blosom room untuk TOILET warnet kita.
4. PARKIRAN
        Tempat parkir yang rapi menjadi nilai plus dimata user, maka dari itu operator sebisa mungkin merapikan parkiran dan menata kendaraan yang ada setidaknya memberi rasa nyaman bahwa motor atau kendaraan yang user bawa rapi dan diperhatikan , serta jika kendaraan rapi memberikan space yang longgar untuk yang lain parkir.
5. JANGAN PERNAH BERKATA TIDAK BISA
         nah ini jika ada user masuk minta tolong jangan pernah kita berkata tidak bisa sebelum mencoba, sebagai OP yang handal berani menerima tantangan, sebelum mencoba jangan menyerah dulu, misalkan ada user minta editin foto, atau ada yang bertanya caranya download bagaimana, jika benar benar tidak bisa minimal kita memberi solusi yang bijak, jangan asal menolak atau menghujatnya.
6.  SELALU TERSENYUM
         Tidak memungkiri bahwa setiap manusia memiliki sifat yang berbeda beda, tetapi kesabaran itu yang terpenting menjadikan kita tersenyum sepanjang waktu, jadi ketika kita tersenyum pasti akan membetrikan daya tarik terhadap user, bahwa pelayanan yang murah senyum enak di lihatnya.
7. WANGI DAN RAPI
         Diusahakan menjadi operator itu tetap rapi dan wangi, coba anda bayangkan jika anda melihat orang kusem kucel kusut dan bau, pasti anda tidak mau dekat dekat, nah hal itu pula yang terjadi jika operator warnetnya seperti itu, pasti orang akan malas untuk memandang.
8. TERIMAKASI

        ucapkan terimakasih setiap selesai transaksi pembayaran, ini membuktikan bahwa uang yang di berikan itu berharga dan kita menghargai yang memberikan, 

Nah ini adalah sedikit tips buat operator warnet, supaya warnet kita menjadi nyaman dan ramai . untuk semua OP yang membaca Artikel sederhana ini bergegaslah dan mencoba untuk menerapkan ke Warnet kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar